5 Hal Yang Perlu Diketahui Pemula Tentang Database

Jika kamu baru saja mulai mengenal atau belajar tentang database, sebaiknya kamu memahami hal-hal yang akan kita bahas ini. Fakta-fakta ini dijamin akan mempermudah pekerjaan mengenai database dan pastinya akan meningkatkan produktivitasmu.

SQL Membentuk Inti dari Database Relasional

The Structured Query Language (SQL) membentuk Core dari semua database relasional. SQL menyediakan interface yang seragam ke Oracle, SQL Server, Microsoft Access, dan database relasional lainnya, dan merupakan sesuatu yang harus dipelajari untuk semua calon pengguna database.
Ikuti kursus pengantar SQL sebelum kamu mempelajari perangkat lunak database tertentu. Investasi waktu ini akan membantumu membangun fondasi yang tepat dalam dunia database.

Memilih Primary Key Adalah Keputusan Penting

Pemilihan Primary Key adalah salah satu keputusan paling penting sebelum kamu menentukan desain database baru. Yang terpenting kamu harus memastikan bahwa Primary Key yang kamu pilih memiliki keunikan tersendiri. Jadi kamu dituntut untuk kreatif dalam menentukan Primary key.
Usahakan dalam memilih Primary key, dua catatan (dulu, sekarang, atau masa depan) tidak berbagi nilai yang sama untuk sebuah atribut, karena hal itu adalah pilihan yang buruk untuk untuk sebuah Primary key. Saat mengevaluasi kendala ini, kamu harus berpikir kreatif.
kamu juga perlu menghindari nilai sensitif yang dapat menimbulkan masalah privasi, seperti nomor Jaminan Sosial.

NULL Bukanlah Nol atau String Kosong

NULL adalah nilai khusus dalam dunia database, tetapi menjadi sesuatu yang sering membingungkan bagi para pemula. Jika kamu melihat nilai NULL, tafsirkanlah sebagai “tidak diketahui”. Jika suatu kuantitas adalah NULL, bukan berarti nilainya adalah nol. Demikian pula, jika bidang teks memiliki nilai NULL, bukan berarti bahwa tidak ada nilai yang sesuai, tapi hanya tidak diketahui. Misalnya, sebuah database yang berisi informasi tentang anak-anak yang bersekolah di sekolah tertentu. Jika orang yang memasukkan catatan tidak mengetahui usia siswa, nilai NULL digunakan untuk menunjukkan placeholder “tidak diketahui”. Siswa tersebut pasti memiliki usia — hanya saja tidak ada dalam database.

Mengonversi Spreadsheets ke Database Menghemat Waktu

Jika kamu sudah memiliki banyak data yang disimpan di Microsoft Excel atau format spreadsheet lainnya, kamu dapat menghemat banyak waktu dengan mengubah spreadsheet tersebut menjadi tabel database.

Semua Platform Database TIDAK Dibuat Sama

Ada berbagai macam database berbeda di luar sana, yang semuanya menawarkan berbagai fitur unik dengan harga yang berbeda.
Beberapa di antaranya adalah database perusahaan dengan fitur lengkap yang dirancang untuk menampung gudang data besar yang melayani perusahaan multinasional. Sementara sisanya adalah database desktop yang lebih cocok untuk melacak inventaris untuk toko kecil dengan satu atau dua pengguna.
Persyaratan bisnis yang kamu jalankan akan menentukan platform database yang sesuai untuk kebutuhan bisnismu.