Tipe-tipe dari Database yang Harus Kita Ketahui

Apasih pengertian dari Database? Database atau dalam bahasa indonesia Basis Data adalah Kumpulan Informasi atau data yang terstruktur yang biasanya disimpan dalam bentuk elektronik di suatu sistem komputer. Basis Data ini biasanya dikendalikan oleh suatu Sistem Manajemen Basis Data atau biasa disebut dengan Database Management System (DBMS) dan mereka secara bersama sama dengan aplikasi aplikasi yang terkait sering disebut sebagai sistem basis data dan lebih dikenal dengan sebutan Database saja.

Ada berbagai macam jenis Database, dan setiap organisasi akan menggunakan jenis database yang berbeda sesuai dengan kegunaan dan kebutuhan yang terbaik untuk organisasi mereka tersebut. Karena itu kita akan menjelaskan sedikit jenis jenis dari database agar kalian lebih mengerti dan dapat memilih sesuai dengan kebutuhan kalian.

  1. Basis Data Relasional (Relational Database)

Database yang sangat terkenal dan populer di tahun 1980 ini mengatur datanya dalam bentuk satu set tabel dengan kolom dan baris. Teknologi basis data relasional ini menyediakan cara yang paling efisien dan fleksibel supaya kita dapat mengakses informasi yang terstruktur.

  1. Basis Data berorientasi Objek (Object Oriented Database)

Informasi yang terdapat dalam database ini adalah informasi yang direpresentasikan ke dalam bentuk objek, seperti pada pemrograman berorientasi objek.

  1. Basis Data Terdistribusi (Distributed Database)

Database ini terdiri dari dua atau lebih data yang terletak di situs yang berbeda. Basis data dapat disimpan pada banyak komputer, terletak di lokasi fisik yang sama, atau tersebar di berbagai jaringan yang berbeda.

  1. Gudang Data (Data Warehouse)

Repositori pusat untuk data, gudang data sendiri adalah jenis database yang dirancang khusus untuk permintaan dan analisis yang cepat.

  1. Basis Data NoSQL (NoSQL Database)

NoSQL Database adalah database yang dibuat khusus untuk model data spesifik yang sudah memiliki skema yang flexibel untuk aplikasi aplikasi modern. Database ini sendiri dikenal secara luas karena kemudahannya dalam pengembangan, fungsionalitas dan kinerja dalam berbagai jenis medan. Database ini sendiri menggunakan berbagai macam model data seperti grafik, nilai kunci dan juga dokumen.

  1. Basis Data Grafik (Graph Database)

Database ini adalah database yang menyimpan data dalam bentuk hal entitas dan juga hubungan antar entitas itu sendiri.

  1. Basis Data OLTP (OLTP Database)

Database OLTP (Online Transaction Processing) ini adalah database analitik cepat yang dirancang untuk sejumlah besar transaksi yang dilakukan oleh banyak pengguna. Database ini contohnya adalah database yang biasa digunakan di supermarket, yang membantu kasir dalam memproses transaksinya.

Dari beberapa database yang sudah kita bahas di atas, itu hanyalah beberapa dari banyak sekali jenis database yang sudah digunakan hingga saat ini. Sebagai contoh, PANDAHOKI adalah website judi online dengan database untuk menyimpan data member-membernya yang sudah bergabung dengan cara mengisi di menu daftar. Selain menggunakan database pilihan agar pengguna merasakan aman dan nyaman, situs itu juga dapat anda akses melalui ponsel, komputer, dan aplikasi. ada beberapa jenis database yang kurang umum dan biasanya di rancang hanya untuk digunakan sesuai fungsinya seperti untuk penelitian ilmiah, finansial, atau bidang lainnya yang sangat spesifik. Selain tipe tipe di atas,  ada beberapa jenis database juga yang tercipta karena kemajuan dramatis teknologi. Jenis jenis tersebut akan kita bahas pada part selanjut, jadi tetap ikuti perkembangan selanjutnya di website kita yah alderprogs.com. salam sehat!