Bekerja Pada Database & Tabel

Database adalah kumpulan atau seperangkat tabel. Setiap tabel memiliki daftar data yang berulang dan tersusun tentang suatu informasi spesifik. Misalnya, meja untuk pelanggan, pesanan, produk, karyawan, dan sebagainya. Secara visual biasa ditampilkan seperti spreadsheet.

Tabel adalah bentuk paling dasar dari database. Tabel adalah tempat dimana anda akan meletakan data anda, menentukan tipenya dan juga hubungannya dengan tabel lain. Tabel terdiri dari baris dan kolom.

Baris & Kolom Yang Digunakan Dalam Database

Penggunaan kolom dan baris dalam database

Dalam setiap tabel. Setiap baris biasanya mewakili satu karyawan, siswa, pelanggan, atau pesanan. Pada setiap baris anda harus menerapkan struktur pada data tersebut. Jadi, anda harus menyusun dari apa baris ini tersusun, yaitu dengan mendefinisikan kolom pada tabel tersebut. Setiap kolom menggambarkan satu bagian data, seperti nama, id, email, tanggal lahir, jenis kelamin, tanggal, nomer, atau tipe.

Sekarang, setiap baris harus mengikuti struktur dan format yang sama. Dengan mendefinisikan kolom ini, berarti anda sudah memberlakukan aturan pada data, dan DBMS tidak akan membiarkan anda melanggar aturan tersebut. Singkatnya, kolom menenentukan data apa yang harus ada dalam tabel. Sementara baris adalah pemegang nilai aktual yang akan anda masukkan, perbarui, ambil, dan hapus.

Dalam beberapa kasus, terkadang baris disebut sebagai “tuple”, sedangkan kolom disebut sebagai “atribut”. Kolom sendiri terdiri dari 3 jenis kolom, yaitu:

  1. Simpel
    Hanya berisi satu nilai data
  2. Komposit
    Terdiri dari beberapa nilai data. Misalnya, sebuah nama akan terdiri dari nama depan, nama tengah, dan nama belakang. Atribut komposit akan diuraikan menjadi atribut simpel yang terpisah.
  3. Multi-Valued
    Atribut ini memiliki nilai lebih dari satu pada satu kolom. Misalnya, warna mobil mungkin bisa terdiri dari warna hitam dan merah. Atribut ini akan diekstrak pada tabel lainnya.

Primary Key Dalam Database Sederhana

Penggunaan primary key dalam database

Sekarang, setelah anda memiliki daftar baris yang panjang, anda akan membutuhkan sesuatu yang unik untuk mengidentifikasi setiap baris dan biasa disebut “primary key”. Primary key adalah sebuah kolom unik untuk setiap baris. Mungkin anda akan memiliki lebih dari satu karyawan dengan nama yang sama, tetapi anda tidak dapat memiliki lebih dari satu karyawan dengan primary key yang sama, dan jika anda tetap memaksa untuk membuat primary key yang sama, DBMS tidak akan mengizinkannya.

Biasanya anda akan melihat kolom primary key dengan sebutan ID. Primary key secara default dibuat oleh DBMS, misalnya setiap pelanggan akan secara default memiliki nilai SSN yang unik yang diatur oleh perusahaan. Jadi, setiap SSN secara unik akan mengidentifikasi setiap pelanggan. Namun, pada beberapa tabel yang secara default tidak memiliki primary key, anda dapat menambahkan kolom primary key, dengan menambah satu kolom pada DBMS dengan tanda “auto-increment”.

Auto-increment memungkinkan penambahan angka unik secara otomatis pada setiap baris yang anda buat, Primary Key sangat penting, tidak hanya untuk mengidentifikasi baris secara unik, tetapi juga digunakan untuk menghubungkan antar tabel.